(Softskill) Psikologi Managemen – Ilustrasi kasus me-Manage Perusahaan (1)

NAMA    : INTAN AYUDA UTAMI

NPM      : 13512742

KELAS   : 3PA07

“ILUSTRASI KASUS ME-MANAGE PERUSAHAAN”

A. Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

B. Jenis- jenis perusahaan

Jenis perusahaan berdasarkan lapangan usaha:

  • Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengambilan kekayaan alam
  • Perusahaan agraris adalah perusahaan yang bekerja dengan cara mengolah lahan/ladang
  • Perusahaan industri adalah perusahaan yang menghasilkan barang mentah dan setengah jadi menjadi barang jadi atau meningkatkan nilai gunanya
  • Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang bergerak dalam hal perdagangan
  • Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa

Jenis perusahaan berdasarkan kepemilikan:

  • Perusahaan negara adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh negara
  • Perusahaan koperasi adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh anggotanya
  • Perusahaan swasta adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh sekelompok orang dari luar perusahaan

C. Ilustrasi kasus me-Manage Perusahaan ” Ilustrasi usaha Butik”

Ada beberapa perusahaan yang saya ingin buat dan dijalankan, salah satunya saya ingin mempunyai perusahaan bersama dengan sahabat saya yaitu berbisnis butik pakaian wanita beserta cafe nuansa alam dan photography , jika customers lelah berbelanja customers tersebut bisa menikmati sajian makanan dan minuman sambil hangout ceria dan berfoto bersama keluarga, kekasih bahkan kerabat dan sanak saudara terdekat. Hal ini difaktorkan karena saya dan sahabat saya menyukai belanja dan wisata kuliner dari beberapa tempat ke tempat lainnya, dan juga salah satu sahabat menyukai photgraphy, ide tersebut kami tuangkan karena kami tidak ingin menghamburkan uang namun hasilnya sementara aja.

Modal awal kami membangun berbisnis butik dengan kami mengumpulkan uang pinjaman ke bank swasta sebagai modal untuk membeli bahan atau pakaian yang lagi nge tren pada saat ini dan salah satu dari sahabat kami rumahnya ada yang tidak dipakai dan kami pun menyewa tempat tersebut untuk dijadikan usaha saya dan selanjutnya saya dan beberapa sahabat mengumpulkan uang dari saku kami dan kami setorkan sebagai buku tabungan untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan. Semua itu butuh proses yang panjang, dengan niat bekerja keras dan saling support satu sama lain.

Selain itu untuk penjualan kami menggunakan jasa media sosial seperti media olshop, media grup bbm, media facebook, media twitter hingga media fanpage khusus halaman olshop (Online shop ) yang kami jual. Pertama – tama untuk lebih tahu tentang penjualan kami kami membeli pakaian untuk dijadikan promosi awal kami dan kami memotretnya sendiri dengan kamera dan kami pun menjual dengan ada uang ada barang di salah satu media seperti instagram, atau menawarkan di lingkungan perumahan dari rumah ke rumah dan juga menawarkan ke teman teman yang ingin menjadi reseller atau karyawan baru agar usaha kami diketahui banyak orang terutama kaum hawa. untuk cafe sendiri bergaya nuansa alam namun ada sisi feminimnya juga, lebih terbuka dengan alam. untuk makanan yang dihidangkan lebih ke indonesia food terasa tradisionalnya dan ada makanan penutupnya. disamping itu untuk berselfie-ria kami ada tempat khusus sendiri untuk berfoto – foto dengan orang terdekat anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s