Psikologi & Teknologi Internet (I)

PSIKOLOGI  DAN  TEKNOLOGI  INTERNET (Minggu ke- 1)

A.  ARTIKEL

(1).  Artikel  Syarat dan Etika dalam melakukan publikasi online

Secara terminologis, publikasi berarti penyiaran, pengumuman, atau penerbitan. Pengertian publikasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Poerwadarminta, 1976), adalah penyiaran. Menurut Kamus Islilah Periklanan Indonesia, publikasi adalah setiap materi yang dicetak, diterhitkan, serta diedarkan untuk disampaikan pada khalayak umum dalam format apapun seperti majalah, surat kabar (Nuradi, 1 996:136).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa publikasi merupakan suatu kegiatan komunikasi berupa menyiarkan, menerbitkan mengedarkan dan menyampaikan suatu materi, seperti objek,  ide,  gagasan  dan  informasi yang disampaikan pada khalayak umum atau masyarakat dalam bentuk / media apapun. Suatu kegiatan publikasi bertujuan sebatas menginformasikan dan memberitahukan suatu materi pada khalayak umum. Kegiatan publikasi memerlukan media penyampaian dan penerima pesan. Sedangkan, pengertian online yaitu keadaan dimana komputer terhubung dengan internet baik melalui modem, wi fi atau lan dan baik sedang digunakan atau tidak oleh pengguna komputer tersebut. Jadi, pengertian publikasi online adalah suatu informasi atau pesan atau pengumuman dalam bentuk online yang diterbitkan dalam dunia internet melalui media elektronik. Menurut hukum dan hak cipta, publikasi adalah sebuah istilah teknis dalam konteks hukum dan utama dalam hukum hak cipta. Seorang penulis umumnya adalah pemilik awal dari suatu hak cipta bagi pekerjaannya. Suatu hak cipta diberikan bagi penulis atas karyanya, dimana hal itu merupakan hak ekslusif yang diberikan untuk mempublikasikan hasil karyanya.

Publikasi online sangat bermanfaat bagi setiap orang apalagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Banyak hal diumumkan melalui internet seperti berjualan, memberi info produk baru atau produk bekas yang masih ingin dijual. Bagi perusahaan yang memasarkan barangnya melalui publikasi online, tentu sangat mengirit biaya. Perusahaan hanya perlu menyiapkan design semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik untuk mencari tau keunggulan atau kelemahan dari produk tersebut. Publikasi online ini sangat berguna untuk memberi informasi kepada masyakarat yang ingin membeli produk, bahkan bisa dipesan secara online.

Dalam dunia elektronik pun khususnya media internet kita memiliki hak dan tanggung jawab atas apa yang telah kita publikasikan. Semua diatur dalam Pasal ITE. Berdasarkan Pasal 5 ayat (1) no. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (Undang-undang ITE ) yang menyatakan bahwa informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dan/atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hukum yang sah.

 

(2).  Artikel tentang Plagiarisme

Plagiarisme adalah penjiplakan atau pengakuan atas karya atas karya orang lain oleh seseorang yang menjadikan karya tersebut sebagai karya ciptaannya. Orang yang melakukan plagiarisme disebut plagiaris/plagiator. Dengan batasan demikian, plagiarisme adalah pencurian (bahasa kasarnya, pembajakan) dan plagiaris adalah pencuri (pembajak).

Defisini Plagiarisme, Plagiarisme berasal dari kata latin yang berarti plagiarius (penculik) dan plagiare yang berarti (mencuri). Menurut Random House Dictionary Compact Unabridged, plagiarisme didefinisikan sebagai “penggunaan atau imitasi dekat dari bahasa dan pemikiran penulis lain dan representasi mereka sebagai karya asli seseorang”. Hal ini juga dianggap sebagai pelanggaran etika ilmiah dan kekayaan intelektual oleh banyak akademisi.

Jenis Plagiarisme :

  1. Akademik dan jurnalistik plagiarisme merupakan praktek usia tua. Namun, plagiarism internet sekarang merajalela dengan munculnya Internet, dan plagiarisme telah mengambil banyak bentuk-bentuk baru. Sekarang hanya tentang cut, copy, dan paste, atau mengulang sedikit. Namun salinan itu!
  2. Plagiarisme Lengkap: Isi yang telah disajikan sebagai sendiri, tanpa ada perubahan yang dibuat untuk bahasa, pikiran, aliran, dan bahkan tanda baca dikenal sebagai plagiarisme penuh. Banyak akademisi percaya bahwa umumnya pekerjaan orang-orang yang tidak kompeten dalam mata pelajaran tertentu, atau sekadar malas untuk berusaha.
  3. Plagiarisme parsial: Ketika konten yang disajikan adalah kombinasi dua sampai tiga sumber yang berbeda, di mana penggunaan mengulang dan sinonim merajalela, maka dikenal sebagai plagiarisme parsial. Di sini, penulis menggunakan beberapa orisinalitas, tapi tidak memadainya pengetahuan tentang mata pelajaran tertentu adalah alasan umum untuk kejadian plagiarisme parsial.
  4. Plagiarisme minimalis: Di sini, penulis plagiator orang lain konsep, gagasan, pikiran, atau pendapat dalam kata-kata mereka sendiri dan dalam aliran yang berbeda. Meskipun banyak yang tidak menganggap ini sebagai plagiarisme (mungkin seseorang yang melakukannya!), Itu dianggap sebagai mencuri someones studi atau pikiran. Plagiarisme minimalis melibatkan banyak parafrase.
  5. Sumber Kutipan: Ketika informasi sumber lengkap dengan kutipan disediakan, tidak berjumlah plagiarisme. Namun, definisi sumber kutipan lengkap bervariasi jauh. Beberapa penulis mengutip nama sumber, tetapi tidak memberikan informasi yang dapat diakses lainnya.Sementara beberapa mudah memberikan referensi palsu, beberapa hanya menggabungkan informasi mereka dengan karya asli penulisan. Seorang penulis hantu adalah contoh sempurna dari plagiator. Di sini penulis merasa bebas untuk sumber informasi dan mereproduksi itu sebagai milik mereka.
  6. Self-plagiarisme: Bentuk plagiarisme yang mungkin paling diperebutkan sebagai “itu” dan “tidak”. Menggunakan karya sendiri, sepenuhnya atau sebagian, atau bahkan pikiran yang sama dan re-menulisnya, dikenal sebagai self-plagiarisme oleh banyak orang. Penerbitan bahan yang sama melalui media yang berbeda tanpa referensi itu benar adalah kebiasaan yang sangat umum di antara banyak penulis. Konten pada banyak situs adalah contoh sempurna dari diri plagiarisme.

Penanganan dan penanggulangan plagiarisme akademis

Melihat banyaknya dampak buruk plagiarisme, perlu dilakukan penanganan dan penanggulan yang sesuai. Terdapat beberapa solusi yang dapat dipraktekkan untuk mengatasi plagiarisme, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Menumbuhkan rasa integritas dan rasa malu memplagiat dalam diri mahasiswa

Lembaga pendidikan mesti membangun pentingnya integritas keilmuan dalam diri setiap mahasiswa sejak awal proses belajar dan pembelajaran terjadi ( freshmen year ). Dengan adanya rasa integritas, mahasiswa dapat membentengi diri mereka dari godaanmeng copy-paste tanpa mencantumkan sumber awal.

2. Meningkatkan fungsi dan peranan pembimbing penelitian

Pembimbing penelitian yang teliti dapat mendeteksi kasus plagiarisme yang palingsederhana sekalipun. Dengan meningkatkan fungsi pembimbing penelitian, tindakan plagiarisme setidaknya dapat diminimalisir dan tidak dipublikasikan ke khalayak ramai.

3. Memberikan sanksi yang tegas dan jelas terhadap pelaku plagiarisme

Sanksi yang tegas membuat masyarakat secara umum dan mahasiswa khususnya merasa enggan untuk melakukan plagiarisme.Sanksi tersebut dapat berupa hukuman pidana dan perdata serta pemberhentian aktivitas pelaku di lingkungan pendidikan sehingga menimbulkan efek jera terhadap pelaku.

4. Membangun bank data jurnal penelitian di setiap lembaga pendidikan.

 

Sumber Referensi :

http://id.shvoong.com/social-sciences/counseling/2205694-pengertian-publikasi/

http://mayanadinta.wordpress.com/2013/09/27/artikel-syarat-dan-etika-dalam-publikasi-online-dan-artikel-tentang-plagiarisme/

http://id.wikipedia.org/wiki/Publikasi

http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2013/08/25/plagiarism-583981.html

http://www.scribd.com/doc/46065523/Makalah-plagiarisme

 

B.  INTERNET

(1). Sejarah Internet

Internet singkatan dari Interconnection-networking. Penjelasan secara umum yaitu suatu sistem global dari semua jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakanstandard Internet Protocol Suite (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) untuk bisa melayani milyaran lebih user di seluruh jagat raya. Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 berhasil membangun sebuah jaringan komputer yang disebut Internet dengan sebuahproyek ARPA yang disebut Advanced Research Project Agency Network atau disingkat ARPANET. Dengan sebuah saluran telepon dan media hardware serta software yang ber-platform UNIX, kita dapat melakukan komunikasi dalam radius jarak yang tak terbatas.

Proyek internet pada mulanya hanya untuk keperluan Departemen Pertahanan Amerika. Pada saat itu militer membuat sistem jaringan komputer yang terpencar dengan cara menyambungkan beberapa komputer di wilayah-wilayah peting untuk mencegah terjadinya masalah ketika terjadi serangan dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat. Pada awalnya ARPANET hanya menyambungkan empat situs, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, di mana mereka membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969. Dan pada Oktober 1972, ARPANET secara umum diperkenalkan. Beberapa lama kemudian, ternyata proyek ini mendapat dukungan dan berkembang pesat di seluruh wilayah negara tersebut. Karena banyaknya universitas yang ingin bergabung di negara Amerika, maka ARPANET dibagi menjadi 2, yaitu MILNET dan ARPANET kecil. MILNET khusus untuk pengguna militer, dan ARPANET digunakan untuk pengguna non militer, seperti sekolah-sekolah universitas yang akan bergabung. Gabungan MILNET dan ARPANET ini akhirnya dikenal dengan sebutan DARPA Internet, yang kemudian disebut Internet agar lebih mudah diingat.

Dalam perkembangannya yang hanya terbatas di negara Amerika Serikat, sekarang Internet bisa digunakan di seluruh dunia. Di dalam penggunaan Internet, terdapat beberapa protokol-protokol Internet yang digunakan, antara lain, TCF, DNS, IP, SSL, FTP, Telnet, HTTPS, SSH, HTTP, POP3, UDP, IMAP, dan SMTP. Beberapa layanan-layanan populer Internet yang menggunakan protokol-protokol tersebut adalah surel(surat elektronik) atau biasa di sebut email, Newsgroup, Usenet, File Sharing, IRC, WWW, dan sebagainya. Beberapa yang disebutkan diatas, yang paling sering digunakan yaitu email dan WWW. Selain yang disebut diatas, Internet dapat digunakan untuk berhubungan antara dua pengguna atau lebih melalui aplikasi pengiriman pesan secara instan seperti YM, MSN, Camfrog, Facebook, Twitter, dan Pidgin atau beberapa aplikasi sejenis yang sekarang ini berkembang pesat.

Internet secara tidak langsung memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuandan pandangan dunia. Sekarang ini dengan hanya menggunakan Internet dan mengakses Google, pengguna dapat memperoleh berbagai macam informasi yang sangat lengkap bila dibanding mencari informasi di buku perpustakaan.

(2).  ISP (Internet Service Provider)

ISP atau yang disebut dengan Internet Service Provider merupakan sebuah badan atau perusahaan yang menghubungkan komputer melalui saluran komunikasi ke server ISP yang telah terhubung ke Inteernet atau bisa dikatakan sebagai penyedia layanan jasa Internet. Perusahaan ISP terhubung ke Internet menggunakan jasa ISPlain, biasanya ISP Amerika, ISP Singapura, dan ISP hongkong. Jika anda ingin mengakses Internet dan terhubung dengan jaringan telepon melalui modem, maka anda dapat langsung mendaftar ke salah satu ISP (provider) yang ada di lokasi anda masing-masing atau skala nasional. Apabila anda berlangganan Internet dari ISP, maka anda akan mendapatkan user ID dan password serta nomor dial ISP tersebut pada saat mendaftar. Contoh dari ISP adalah Indosat, Indosat.net, Idola.net, Lintas Artha, Radnet, Wasantara.net, Megane, Elganet, Centrin, Solonet, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat Telkom Instan yang mana pengguna Internet tidak perlu mendaftar dan membayar biaya langganan (abonemen) melainkan melalui pemakaian pulsa telepon dan langsung ditagih melalui tagihan rekening telepon masing-masing.

(3). WWW (World Wide Web)

World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambarsuara , video dan animasi. Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet.Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain.Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video.Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

(4).  Search Engine

Search Engine adalah Aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine.Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Di bawah ini beberapa macam search engine yang sering digunakan oleh pemakai:

a.       Google (www.google.com)

Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.

b.      Yahoo! (www.yahoo.com)

Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.

c.       MSN (http://search.msn.com)

Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

 

(5).  Chatting

Chatting adalah salah satu  fasilitas untuk berkomunikasi antar sesame pemakaiinternet dengan menggunakan media tulis secara online dan real time. Atau Chating adalah hubungan komunikasi antar pengguna komputer dalam Internet secara online yang umumnya berupa teks.

Chatting itu bentuknya seperti obrolan tapi dengan tulisan secara online. Chating biasa dilakukan dengan menggunakan jejaring social seperti Yahoo Messenger, Facebook, Google + atau yang lainnya. Gambaran lebih jelasnya seperti ini saya ambil contoh saja facebook, ketika anda online dan ada teman facebook anda yang onlin juga, kemudian anda menulis pesan untuk teman anda tadi dan teman anda membalasnya itu dinamakan Chatting.

(6).  Netiquette (Etika dalam menggunakan internet)

Netiquette adalah etika dalam menggunakan internet.Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas,diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna internet,dimana aturan ini ada batasan dan cara terbaik dalam memanfaatkan fasilitas internet.

Beberapa aturan yang ada pada nettiquette :

  1. Amankan dulu diri anda maksutnya semua properti anda,dapat mulai dari mengamankan komputer dengan memasang anti virus.
  2. Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan.
  3. Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari internet.
  4. Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain.
  5. Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak

 

Didalam NETIQUETTE terdapat Flamming, Trolling dan Jungking:

a.  Flamming (memanas-manasi) adalah tindakan provokasi,mengejek,ataupun penghinaan yang menyinggung user lainnya atau memanas-manasi keadaan suatu tempat sehingga terjadi perdebatan.

b. Trolling (keluar dari topik pembicaraan) adalah kegiatan memposting tulisan atau pesan menghasut dan sering kali tidak relavan dengan topik pembicaraan di dalam komunitas online seperti forum,chatting,blog atau sosial network.Tujuan dari trolling ini adalah memprovokasi dan memancing emosi para pengguna internet.

c.   Junking (memasang post yang tidak berguna) adalah kata-kata yang tidak berguna untuk dipost.Apalagi niatnya untuk nambah jumlah post.contohnya : bla bla bla, ga tau, ???? dan lain lain.

Sumber Referensi :

http://ilmupengetahuan.org/sejarah-perkembangan-internet/

http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/01/penngertian-isp-internet-service.html

http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web

http://tirta-ilmu.blogspot.com/2012/03/pengertian-search-engine.html

http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/01/pengertian-chatting.html

http://amaliakhairida12.blogspot.com/2013/09/psi-industri.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s