Manusia dan Cinta Kasih

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Hubungan Manusia dengan Cinta Kasih

Dalam perjalanan hidup manusia, tidak akan pernah lepas dari yang namanya cinta. Cinta akan selalu ada dalam suatu dimensi yang namanya manusia. Manusia dicipta dengan penuh cinta, dan tanpa cinta manusia tak akan lahir. Manusia diciptakan di jagad bumi mengembangan cinta dari tuhan sebagai khalifah  di muka bumi..

Pada dasarnya manusia diciptakan dengan rasa cinta dan kasih. Cinta dan kasih ini pada hakikatnya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Cinta itu pada dasarnya tidak boleh berlebihan, karena jika kamu terlalu cinta maka akibat yang ditimbulkan tidaklah baik. jika kita cinta terhadap sesorang janganlah berlebihan supaya tidak berdampak buruk di kemudian harinya. Seperti rasa sakit hati yang mendalam dan pada akhirnya menimbulkan rasa benci terhadap orang tersebut. Karena pada dasarnya cinta yang berlebihan itu harusnya kita tunjukkan hanya kepada Sang Khaliq, Allah swt. sebab Dialah yang menciptakan kita dan menakdirkan apa yang sudah sepatutnya kita terima semasa kita di dunia.

Pengertian Cinta Kasih                                                                                                       

Cinta adalah  rasa sangat suka atau sayang ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.

Cinta sama sekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut :

  1. Cinta bersifat manusiawi
  2. Cinta bersifat rohaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah
  3. Cinta menunjukkan perilaku member, sedangkan nafsu cenderung menuntut

Cinta juga selalu menyatakan unsur – unsur dasar tertentu, yaitu :

  1. Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya
  2. Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar berdasarkan atas  suka rela
  3. Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain agar mau membuka dirinya
  4. Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia

Macam Cinta Kasih

Adanya beberapa macam cinta kasih, yaitu sebagai berikut :

a.       Cinta kasih antar orang tua dan anak. Orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta kasih terhadap anak. Mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna dikemudian hari.

b.      Cinta kasih antara pria dan wanita. Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, apalagi memberikan seuntai mawar merah, berarti ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.

c.       Cinta kasih antara sesama manusia. Apabila seorang sahabat berkunjung ke rumah kawannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.

d.      Cinta kasih antara manusia dan Tuhan. Apabila seorang taat beribadah, menurut perintah Tuhan, dan menjauhi larangan-Nya, orang itu mempunyai cinta kasih kepada Tuhan penciptanya.

e.       Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya. Apabila seseorang menciptakan taman yang indah, memelihara taman pekarangan, tidak menebang kayu di hutan seenaknya, menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan secara semena-mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi lingkungan hidupnya.

*Contoh cinta kasih

Cinta kasih antara pria dan wanita :

Seorang pria yang jatuh hati dengan seorang wanita, dia ingin lebih dekat dengan wanita tersebut dengan cara meminta nomer handphonenya ke temen terdekatnya. Agar dia bisa saling berkomunikasi dengannya.

*Dibandingkan

Zaman dulu :

Tanya nomer telepon ke temen satu geng si target. Kalau udah dapet, telepon pura-pura tanya PR atau mau pinjam catatan. Itu juga telponnya sembunyi-sembunyi kalau rumah lagi pada kosong, malu ketahuan orang rumah kalau kita lagi sukaan sama seseorang . Telepon juga tidak bisa lama-lama karena telepon bayarnya mahal. Lewat 10 menit pasti orangtua mondar-mandir di tempat kita telepon. Kalau mau telepon di telepon umum, pura-pura menukarkan uang dulu di penjaga game dingdong. Tuker uang seribu, yang buat main cuma 1 keping 100 perak biar tidak curiga kalau tuker uangnya cuma buat telepon di telepon umum sebrang jalan.

Zaman sekarang :

Tanya nomer hp, tidak butuh telepon rumah. Risiko kalau telepon ke rumah doi ntar diintrogasi ayahnya yg seremnya naudzubillah. Kalau udah dapet nomer handphonenya, sms aja dulu. tidak PD kalo langsung telepon. Diawali dengan topik tidak guna seperti, “Lagi ngapain?”. Kalau tidak dibales rasanya pengen sedih banget. Kalau gayung bersambut, SMS bakal berlanjut ke teleponan. Apalagi sekarang tarif seluler makin murah, terutama kalau pake provider yg sama.

Perbedaan Cinta Kasih antara Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang

Cinta yang hadir di zaman dahulu adalah cinta yang timbul dari orang-orang yang benar-benar tulus, jernih dan bertanggung jawab tinggi, sedangkan di zaman modern ini, kebanyakan cinta yang timbul dari orang yang hanya mempunyai maksud dan tujuan selain dari kebahagiaan cinta, melainkan kebahagiaan diri sendiri atau egoisme tinggi.

Cinta jaman dahulu jauh dari kepura-puraan, jika dirinya seperti ini ya tetap seperti ini, tidak memaksa untuk menjadi seperti itu. Bedanya  jaman sekarang, banyak kepura-puraan yang terjadi, biasanya jika jujur tentang dirinya yang kurang, ia akan malu dan takut cintanya tidak diterima dengan yang dicintainya.

Cinta jaman dahulu terucap kata-kata cintanya dengan utuh, tidak setengah-setengah, dan tidak menipu. Ia mengatakan cinta dengan getaran dada yang tinggi dan menggetarkan hati yang dicintainya. Ia tidak akan menuntut jawaban dari yang dicintainya apakah cintanya diterima, melainkan ia mengetahui akan sikap yang dicintainya baik dari diamnya atau pun dari sikapnya yang malu-malu.

Orang dahulu lebih bisa meluluhkan hati kekasihnya dengan kebijakannya serta tanggung jawabnya yang utuh. Cintanya begitu nampak baik dari lahir maupun batin, baik dalam perbuatan maupun dalam ucapan, semuanya selaras dan sejalan.

Di era modern ini jarang sekali orang seperti jaman dahulu, yang berwibawa, santun, dan pengasih kepada kekasihnya, tidak egois, dan saling memaafkan serta berlomba-lomba untuk berbuat baik terlebih dahulu ketika ada perselisihan.

Dijaman modern ini, tidak ada lagi yang mengatas namakan cinta, cinta sudah hilang, cinta yang nampak bercahaya kini tertutupi oleh materi, jabatan dan kekayaan. Karena sudah jarang ada lagi yang mau bersama-sama dengan kekasihnya sama-sama berjuang untuk mengahdapi hidup dan kesuksesan.

Bisa dibuktikan semua, jaman sekarang sudah banyak perceraian, sudah banyak kekerasan, frustasi dan penyakit psikis lainnya. Karena salah satunya adalah tidak lagi adanya kejujuran dalamcinta.Namun tidak dipungkiri juga karena  budaya modern yang mengikis ketulusan cinta ini.

Oleh sebab itu, langka sekali orang yang cintanya seperti jaman dahulu, lihatlah nenek dan kakek kita yang begitu setia dan pengasih kepada istri atau suaminya nya, merawatnya, menemaninya sampai benar-benar melihat anak dan cucunya dan sampai melihat kekasihnya tidur terlelap selamanya.

Tidak adakah cinta yang seperti itu sekarang, walaupun tinggal dirumah yang beratap kulit bambu, namun tidak dipedulikan lagi, ia akan tetap bahagia dengan cintanya. Hatinya luas lebih luas dari surga, cintanya lebih indah dari keindahan apapun.

Demikianlah, contoh kasus antara zaman dahulu dengan zaman saat ini dan  beberapa perbedaan cinta kasih antara zaman dahulu dengan zaman sekarang.

*Sumber :

http://egapramesti.wordpress.com/2011/04/30/pengertian-cinta-kasih/

http://ridwansyaidy.blog.com/2010/04/13/makna-cinta-kasih/

http://fhnbarock.blogspot.com/2012/04/hubungan-manusia-dengan-cinta-kasih.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s